Penyebab dan Gejala Umum Rhinitis Alergi

Sumber: hellosehat.com

Apa itu rhinitis alergi? Pernahkah kamu mendengar nama penyakit itu? menurut hellodokter.com rhinitis alergi adalah salah satu jenis rhinitis atau radang membran hidung yang muncul ketika kamu menghirup alergen. Ini adalah reaksi berlebihan tubuh dalam merespon alergen. Ini juga dapat disebut alergi musiman. rhinitis alergi muncul ketika kamu menghirup zat alergen pemicu alergimu, contohnya seperti debu, polusi udara, bulu binatang. Menurut alodokter.com rhinitis alergi adalah peradangan yang terjadi para rongga hidung akibat reaksi alergi. Rhinitis alergi adalah peradangan yang terjadi di lapisan mukosa hidung dan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh beraksi dengan berlebihan terhadap papara alergen yang masuk melalui hidung. Apa saja penyebab dan gejala umum rhinitis alergi ini? lalu bagaimana dengan cara mengobatannya? 

Apa penyebab dari rhinitis alergi? Ketika kamu menghirup alergen, sistem imun melepaskan histamin atau zat kimia yang bertanggung jawab dalam melindungi tubuh dari faktor berbahaya dari luar. Zat kimia ini adalah penyebab munculnya gejala alergi. Beberapa alergen yang umum meliputi serbuk bunga, debu, jamur, rumput, asap rokok dan pafrum. Menurut alodokter.com faktor-faktor risikonya meliputi faktor keturunan, sering terpapar asap rokok dan memiliki alergi jenis lain seperti asma atau dermatitis atopik. Selain itu, lingkungan yang lembab, suhu dingin, asap dan polusi serta parfum juga dapat memperparah penyakit ini. Selain itu, banyak faktor pemicu yang bisa memperparah kondisi alergi ini seperti zat kimia, polusi udara dan asap beracun. 

Apa saja tanda dan gejala umum rhinitis alergi? Gejala umum rhinitis alergi antara lain adalah bersin, gatal pada hidung, hidung meler, batuk, mata berair, hidung tersumbat, gejala sejenis eskrim seperti kulit sangat kering dan gatal, kelelahan yang amat sangat. 

Bagaimana dengan pengobatannya? Apa saja pengobatan yang cocok untuk penyakit ini? Kamu dapat menggunakan beberapa obat untuk meringankan gejalanya sebagai berikut. 

  1. Antihistamin

Anthistamin merupakan obat yang dapat menghalangi aksi dari zat histamin atau zat yang menyebabkan alergi dalam tubuh, kamu dapat mengunakan antihistamin bebas resep seperti claritin, incidal dan levocetirizine. Antihistamin dapat diminum atau disemprot ke dalam hidung. Beberapa jenis dari obat antihistamin ini dapat menyebabkan kantuk.

  1. Kortikosteroid 

Jenis obat kortikosteroid semprotan hidung dapat membantu dalam mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat alergi. Dapat memberikan efek yang lebih lama dari antihistamin dan jarang terjadi efek samping pada obat ini. Obat ini sangat efektif untuk mengobati alergi musiman.

  1. Dekongestan 

Dekongestan adalah salah satu obat yang dapat meredakan hidung tersumbat dan tekanan sinus. Kamu dapat menggunakan dekongestan bebas resep yang populer meliputi semprotan nasal afrin, zyrtec-D dan sudafed PE. Namun, kamu harus berhati-hati karena penggunaannya tidak boleh melebihi tiga hari.

  1. Minyak atsiri

Dilansir dari honestdocs.id ini dapat dapat memberikan efek menenangkan dan anti-inflamasi dapat digunakan sebagai obat rumahan untuk meringankan alergi debu. Kamu juga dapat menggunakan cuka apel, bubuk kunyit, lidah buaya, madu dan lainnya.

  1. Suntikan alergi

Dokter mungkin menyarankan untuk mendapatkan suntukan alergi atau imunoterapi. Ini dilakukan beberapa kali sampai gejala terkendali.

  1. Imunoterapi sublingual

Ini adalah jenis pengobatan yang mirip dengan suntikan alergi, akan tetapi obat ditaruh di bawah lidah. Kemungkinan efek samping termasuk gatal pada mulut atau telinga dan iritas tenggorokan.

Itulah hal-hal yang dapat kamu ketahui tentang penyebab dan gejala umum rhinitis alergi serta cara pengobatannya. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>